Table of Content

11 ( Sebelas ) Buah Manis yang Aman untuk Penderita Diabetes




Buah memiliki ukuran kadar indeks glikemik rendah sampai sedang, sehingga tidak menyebabkan peningkatan tajam atau ekstrim kadar glukosa darah. Rata-rata buah mengandung sebanyak 15-20 gram karbohidrat. Indeks Glikemik (IG) yaitu ukuran atau takaran yang digunakan mengukur dan mengindikasikan kecepatan transformasi karbohidrat yang terdapat dalam makanan yang dapat diubah menjadi gula oleh tubuh manusia.  khairpedia.blogspot.com

Ukuran ini berupa skala dari 0-100. Gula murni memiliki angka indeks glikemik sebesar 100 yang cukup tinggi, berarti jumlah karbohidrat dalam gula murni memang sangat cepat diubah oleh tubuh menjadi gula untuk energi bagi tubuh. Indeks glikemik juga dapat memberikan informasi bagaimana pengaruh asupan makanan terhadap kadar gula darah. Semakin rendah nilai dan kandugan indeks glikemik, maka juga semakin sedikit pengaruh terhadap level atau indeks insulin dan kadar gula dalam darah.

Penderita diabetes perlu lebih selektif saat memilih makanan yang dikonsumsi, termasuk buah-buahan. Memperhatikan asupan yang dikonsumsi, termasuk makanan yang mengandung karbohirdrat. Hal ini karena kandungan karbohidrat dalam makanan yang dikonsumsi akan diubah oleh tubuh menjadi bentuk gula. Jika asupan karbohidrat atau gula berlebihan, maka hal ini dapat meningkatkan resiko gula darah.

Walau buah memiliki rasa yang manis, penderita diabetes tetap dianjurkan untuk mengonsumsi buah karena buah mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
khairpedia.blogspot.com

Berikut ini adalah beberapa jenis buah untuk penderita diabetes yang aman untuk dikonsumsi dalam takaran yang wajar:

1. Mangga
Serat akan memperlambat penyerapan gula, sedangkan antioksidannya mampu mengurangi respons tekanan yang diakibatkan lonjakan gula darah. Kondisi ini dapat mempermudah tubuh mengendalikan asupan karbohidrat dan menstabilkan kembali kadar gula dalam darah.

2. Pisang
Serat dalam pisang sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes, karena dapat membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan kandungan karbohidrat dalam darah.

3. Anggur
Semua jenis anggur mengandung antioksidan polifenol yang dapat melawan dampak radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, anggur juga mengandung serat rendah kalori. Anggur adalah salah satu buah yang baik untuk penderita diabetes karena mampu menurunkan jumlah kadar gula darah.

4. Apel
Apel tergolong buah manis dengan indeks glikemik (GI) rendah, yaitu di bawah 55, dan glycemic load (GL) di bawah 10.

5. Pepaya
Pepaya berukuran kecil menyediakan kandungan sekitar tiga gram serat; setara dengan 17 gram karbohidrat. Kandungan tersebut menjadikan pepaya tergolong dalam kategori buah dengan indeks glikemik sedang, jadi masih aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

6. Semangka
Semangka sangat bermanfaat untuk mengobati komplikasi karena penyakit diabetes.

7. Kurma
Kurma memiliki indeks glikemik rendah (44 dan 53), sehingga kurma aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, asalkan dalam jumlah sedang. Disarankan juga saat menyantapnya bersama makanan berprotein, seperti se-genggam kacang. Protein dapat memperlambat proses penyerapan karbohidrat, sehingga mencegah meningkatnya gula darah.

8. Kiwi
Kiwi merupakan salah satu buah yang unik. Kandungan vitamin C, serat, dan kalium yang tinggi pada buah kiwi, ditambah jumlah antioksidan yang tinggi di dalamnya, menjadikan buah ini sebagai asupan makanan yang baik bagi penderita diabetes.

9. Jeruk
Selain mengandung vitamin C, jeruk juga mengandung air, kalium, tiamin, dan asam folat yang baik.
Kalium yaitu salah satu nutrisi yang baik untuk membantu, menjaga dan mengontrol tekanan darah. Selain itu, kandungan tiamin pada jeruk diprediksi mampu menurunkan kadar gula darah dan membantu mencegah resistensi insulin.

10. Pir
Buah pir memiliki rasa yang manis dan daging yang renyah. Pir juga baik untuk penderita diabetes. Hal ini karena buah pir mengandung serat yang dapat menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh, serta beragam nutrisi lain, seperti vitamin K, air, dan antioksidan yang tinggi.

11. Jambu Biji
Buah Jambu biji mengandung banyak sekali serat dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan jumlah kadar gula dalam darah. Oleh karena itu, buah jambu biji dipercaya baik untuk dikonsumsi oleh orang penderita diabetes. Selain itu, buah ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah atau biasa yan disebut darah tinggi.

Mari berbagi informasi ini ke semua orang yang membutuhkan? Yuk share melalui FacebookTwitter atau Wa ... Semoga Bermanfaat.
khairpedia.blogspot.com

Posting Komentar