Table of Content

Filosofi Kaktus - Sukulen sebagai Tanaman dan Bunga


Kaktus dan Sukulen tergolong tanaman yang sangat mudah tumbuh, tahan banting, dan perawatannya mudah. Kaktus dan Sukulen hanya perlu disiram seminggu sekali dengan kebutuhan sinar matahari pagi dan sore. Penyiraman dengan metode semprot spray kecil atau dengan dipercikkan dengan sedikit air saja. 

     khairpedia.blogspot.com

Kaktus dan Sukulen adalah bunga, padahal pohon, mereka unik, warna-warni, tidak perlu lahan luas. Memiliki kemampuan bertahan hdup cukup tinggi terhadap kondisi krisis air maupun krisis unsur hara. Tanaman apapun kecuali kaktus / sukulen akan terlihat cantik ketika mereka berbunga, lalu ketika kaktus / sukulen berbunga, seharusnya tanaman lain malu pada dirinya sendiri. Kaktus / sukulen dengan ikhlas menerima apa yang dia miliki, bukan menyerah tapi berserah sembari berjuang.
 
      khairpedia.blogspot.com                           khairpedia.blogspot.com

Semua kaktus dan sukulen tidak memiliki akar tunggal, tanaman tersebut hanya memiliki akar serabut. Kokoh tetap berdiri tak terkoyak dengan angin kencang sekalipun. Allah Subhanahu Wa Ta'ala Tuhan Yang Maha Kuasa pasti tidak sia-sia dengan segala ciptaan-Nya. Yang paling mengagumkan, sebelum kaktus sudah selesai masa hidupnya, kaktus dapat membagikan sebagian daun nya untuk menjadi tanaman baru

      khairpedia.blogspot.com

Ada beberapa jenis kaktus yang bisa dikoleksi oleh penikmat tanaman hias ini, antara lain :
1. Kaktus mini Cereus tetragonus
Kaktus mini jenis Cereus tetragonous ini berasal dari Amerika dan bisa tumbuh dengan ukuran yang tinggi. Bentuknya sama seperti kastil sehingga cocok untuk diletakkan di antara dan disekitar pagar rumah atau hiasan jendela di dalam rumah.

2. Kaktus mini Astrophytum
Kaktus mini Astrophytum bentuknya seperti bintang atau buah belimbing. Bunganya ada yang berwarna pink, kuning, dan merah. Bagian batang Astrophytum membentuk mirip seperti bola. Kaktus mini jenis Astrophytum termasuk yang cukup mudah saat proses berbunga. Untuk memancing dan merangsang pertumbuhan bunganya, Astrophytum bisa diletakkan dalam ruangan dengan suhu sekitar 40º Celcius dengan kondisi pencahayaan tidak terlalu banyak mendapat sinar matahari.

3. Kaktus mini Ariocarpus
Kaktus ini memiliki duri pada daunnya tetapi kaktus hias Ariocarpus tidak memiliki duri sama sekali. Daun kaktus Ariocarpus ini memiliki bentuk prisma. Ada yang ujung daunnya melengkung, runcing, atau tumpul. Bunga Ariocarpus berukuran besar seukuran batangnya dan memiliki beraneka janis dan ragam warna seperti putih, ungu, kuning, pink, dan merah.
khairpedia.blogspot.com

Posting Komentar