Table of Content

Pengantar Bisnis Merencanakan Usaha


Pemegang kepentingan utama dalam dunia bisnis
( Stake Holder )

1. Pemilik ( Wirausahawan / Enterpreneur )
Pemilik atau owner sebagai wiraswasta merupakan orang yang mengelola, mengorganisasi dan mengasumsikan tingkat resiko yang dihadapi untuk memulai sebuah bisnis. Secara ringkasnya adalah pemilik atau owner juga dapat diartikan sebagai penanggung resiko semua kegiatan perusahaan.
khairpedia.blogspot.com

Beberapa industri atau perusahaan besar menjual saham kepada investor (penanam modal) yang ingin menjadi pemegang saham. Saham adalah sertifikat (surat berharga) kepemilikan suatu perusahaan. Pemegang saham adalah investor (orang) yang ingin menjadi pemilik dari sebagian perusahaan serta menanamkan uangnya (modal) yang berupa saham. Nilai kinerja perusahaan mengalami kenaikan dan membaik, maka nilai sahamnya juga naik seperti terlihat pada harga saham yang tinggi. Apabila perusahaan tersebut mengalami penurunan atau gagal maka para pemegang saham dari berbagai perusahaan akan kehilangan seluruh modal yang ditanamkan.

2. Karyawan
Manajer, supervisor, kepala bagian, HRD (personalia) merupakan karyawan yang memiliki tanggung jawab mengelola pekerjaan yang ditugaskan kepada karyawan lain (karyawan operasional) serta membuat keputusan penting perusahaan. Kinerja perusahaan bergantung pada keputusan yang dibuat oleh Manajer yang melibatkan struktur organisasi dalam perusahaan. Keputusan yang baik dapat mengarahkan kinerja perusahaan pada kemajuan, sedangkan keputusan yang buruk dapat membawa perusahaan tersebut menuju kemunduran bahkan bisa bangkrut.

Tujuan manajer dalam bisnis skala kecil yaitu memaksimalkan nilai (value) perusahaan. Sedangkan tujuan manajer dalam suatu perusahaan skala besar adalah memaksimalkan nilai (value) perusahaan.

3. Supplier ( Pemasok )
Perusahaan biasanya menggunakan bahan baku (bahan mentah - bahan setengah jadi) untuk melakukan proses produksi, karena itu kinerja perusahaan sebagian tergantung pada kemampuan dan jumlah suplay bahan baku dari pemasoknya dalam mengantarkan bahan baku tepat pada waktunya.

4. Kreditur
Kreditur adalah institusi, lembaga atau individu perorangan yang memberikan pinjaman.
Kreditur memberikan pinjaman dana (modal) kepada perusahaan bila mereka percaya, bahwa perusahaan tersebut mempunyai portofolio (kinerja) yang baik dan  dapat mengembalikan pinjaman pokok beserta bunganya di kemudian hari.

5. Pelanggan (Customer)
Komponen usaha dan bisnis yang paling berperan mengkonsumsi dan membeli barang atau jasa adalah pelanggan atau customer. Perusahaan tidak dapat bertahan (survive) jika tidak ada pelanggan (customer). Untuk menarik pelanggan (customer), perusahaan harus melakukan penawaran barang atau jasa dengan harga yang pantas dan cukup berkualitas, salah satunya dengan melakukan promosi di media masa atau melakukan lounching produk.

Pengertian Perusahaan
khairpedia.blogspot.com

Perusahaan merupakan unit kesatuan kegiatan produksi yang mengolah sumber-sumber ekonomi yang menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat. Perusahaan melakukan proses produksi dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan, selain itu agar dapat memuaskan kebutuhan masyarakat.

Perusahaan dagang merupakan perusahaan yang membeli barang jadi dan menjualnya kembali kepada konsumen. 

Manufaktur merupakan perusahaan yang berperan sebagai pihak pemroduksi barang.

Apa yang harus dilakukan oleh seorang wirausahawan ?
• Mengidentifikasikan peluang dengan kesempatan yang sudah ada
• Mengumpulkan sumber daya alam, sumber daya manusia, dan sumber daya lainnya
• Menarik investasi / dana dari perorangan atau lembaga keuangan
• Melakukan proses produksi atau perdagangan
• Berani mengambil resiko

Ciri atau kepribadian seorang wirausahawan :
• Mempunyai emosi akan keberhasilan
• Berani menanggung resiko
• Gigih dalam bekerja keras
• Semangat, gesit dalam berusaha
• Memiliki daya kerja yang cukup tinggi
• Berpandangan obyektif
• Terbuka terhadap saran dan kritik
• Percaya diri
• Berusaha mengingkatkan pengetahuan
• Mempunyai kecakapan untuk memimpin
• Sebagai media pembaharu atau innovator
• Haus akan keberhasilan

Dana

Manajer memutuskan bagaimana dana didapatkan dari pemilik, kreditur atau hasil
penjualan kepada pelanggan dapat dimanfaatkan.

Dana tersebut dipakai untuk membayar :
1. Sumber – Sumber
Termasuk karyawan, mesin-mesin, pemasok,  yang dibutuhkan untuk menghasilkan dan mempromosikan produk.
2. Pinjaman kepada investor
Sisa dana disebut laba atau keuntungan. Sebagian ditahan dan ditanam kembali dalam perusahaan. Sisa dari laba dibagikan sebagai deviden kepada pemiliknya.

Deviden merupakan suatu penghasilan berupa laba yang diberikan perusahaan kepada pemiliknya lalu dibagi kepada karyawannya.

Menciptakan Ide Bisnis
khairpedia.blogspot.com
Untuk usahanya. Imbalannya dalam berbagai bentuk, yaitu :
1. Mendapatkan penghasilan besar
2. Menjadi atasan atau sekedar naik jabatan
3. Prestise yang tinggi

Supaya dapat berhasil, perusahaan harus mempunyai keunggulan kompetitif, yaitu keunggulan sifat yang unik yang membuat suatu produk bisnis dapat lebih dinikmati oleh konsumen daripada produk kompetitornya. 

Misalnya :
1. Menciptakan keunggulan kompetitif secara sehat dengan memberikan produk yang mirip dengan milik pesaingnya tetapi dengan harga yang lebih murah
2. Menyiapkan produk yang lebih berkualitas daripada produk pesiangnya
3. Menawarkan jasa yang lebih menyenangkan, misalnya dengan servis memuaskan, penyambutan, atau ramah tamah.

Fungsi Utama Bisnis

Lima fungsi yang harus dijalankan secara benar jika bisnis ingin sukses ;

1. Manajemen 
Manajemen adalah cara bagaimana karyawan dan sumber lain seperti mesin-mesin dapat dioperasionalkan oleh perusahaan.

2. Pemasaran
Pemasaran adalah cara bagaimana produk atau jasa dikembangkan, diberi harga, didistribusikan, dan dipromosikan kepada pelanggan.

3. Keuangan
Keuangan adalh cara bagaimana perusahaan mendapatkan dana dan menggukannya untuk keperluan operasi bisnisnya.

4. Akuntansi
Akuntansi adalah ringkasan dean analisis dari kondisi keuangan perusahaan.

5. Sistem Informasi
Sistem Informasi adalah sistem yang ada pada teknologi informasi, masyarakat dan prosedur yang bekerjasama dalam memberikan berbagai macam informasi yang cocok dan dibutuhkan karyawan perusahaannya, sehingga  dapat memperbaiki keputusan bisnis dan membuat keputusan bisnis yang dapat memajukan perusahaan.




Mari berbagi informasi ini ke semua orang yang membutuhkan? Yuk share melalui FacebookTwitter atau Wa ... Semoga Bermanfaat.
khairpedia.blogspot.com

Posting Komentar