Table of Content

Kopi Ijen Blue Montain Bondowoso - The Legend of Coffee


Sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, yaitu Kabupaten Bondowoso. Ibu kota kabupaten Bondowoso dapat ditempuh jalur darat yang melalui persimpangan jalur dari Besuki dan Situbondo menuju Jember.

Ternyata di Kabupaten Bondowoso ada kelompok petani kopi yang menanam kopi khas Pegunungan Ijen Bondowoso. Kopi Arabika Ijen Raung varietas Blue Mountain yang terkenal di dunia penikmat kopi internasional dengan nama “Java Blue Mountain" 

Kopi Ijen Bondowoso menjadi promadona kopi andalan khas Indonesia selain kopi luwak. Ciri khas kopi ijen terletak pada kelangkaan jumlah produksi petani yang hanya bisa diproduksi di Bondowoso. 

Varietas Kopi langka, hanya beberapa petani yang konsisten menanam kopi Arabika Ijen Raung varietas Blue Mountain. Cita rasa yang unik, bahkan dari kalangan Barista dan Roastery menyatakan Kopi Arabika Ijen Raung varietas Blue Mountain memiliki wangi melati yang kuat, "sweet like sugar cane dan juicy body" sudah menjadi pesona dan daya tarik unik yang melekat pada Kopi Ijen Bondowoso.

Karena kerja keras para petani Kopi Ijen dan kerjasama dengan masyarakat, pemerintah daerah bahkan pengusaha yang bergerak bersama, Pada tahun 2016 yang lalu Kabupaten Bondowoso mendeklarasikan sebagai Republik Kopi . Bahkan Kopi Ijen sudah di ekspor ke Eropa dan Amerika. Menurut data di ekonomi.kompas.com harga jual Kopi Ijen pasar ekspor mencapai Rp 70.000 - Rp 80.000 per kilogram. sedangkan untuk pasar lokal menurut data kompas.com harga jual  Rp 45.000 - Rp 75.000.

Di Karanganyar salah satu spot menarik yang menyajikan Kopi Ijen ada di Caffe Villa Santri Tawangmangu. Kopi Ijen menjadi pilihan penikmat kopi karena rasa dan wangi yang khas. Dipadu dengan penyeduhan Kopi dengan metode brewing and blending sangat klop dengan cita rasa khas Kopi Ijen. Untuk menikmati paket wisata di Karanganyar atau Soloraya ditemani dengan Kopi Ijen Java Blue Montain, dapat memanfaatkan paket promo berikut : 
Silahkan (klik atau sentuh) salah satu

Metode seduh kopi mengalami perkembangan teknik dan kualitas alat seduh. Hal ini dimaksud supaya semakin menningkatkan kualitas rasa bagi penikmat kopi. Meskipun ada sebagian orang yang tidak menggemari kopi, dengan metode seduh kopi yang muncul akhir - akhir ini menjadikan Kopi sebagai identitas tersendri. Berikut ini beberapa metode seduh kopi yang sudah dikembangkan :

1. Manual brew out pour over
2. Aeropress
3. Eva Solo
4. Chemex
5. Hario V60
6. Shypon.
khairpedia.blogspot.com

Posting Komentar