Table of Content

Beasiswa Kaltim Tuntas 2020 - 2021


Beasiswa kaltim tuntas 2020 kembali dibuka pendaftaran pada bulan Mei 2020. Berdasarkan arahan dari Ketua BP-BKT dan Kepala Disdikbud Provinsi Kaltim. Pendaftaran beasiswa kaltim Tuntas dilaksanakan secara daring (online) dilaksanakan tanggal 15 Mei 2020 s/d 28 Juni 2020.

Cara daftar beasiswa kaltim tuntas yaitu dengan menggunakan Menu Pilihan Tuntas Mahasiswa, Stimulan Mahasiswa, Stimulan Siswa, dan Kerjasama yang ada dibawah untuk mendaftar. Panitia pendaftaran beasiswa kaltim tuntas tidak menerima dokumen atau berkas secara fisik. Dokumen atau berkas hanya discan atau dipindai yang kemudian di upload atau di unggah pada waktu pendaftaran. 

Kuota penerimaan beasiswa kaltim tuntas sesuai atau bergantung kepada jumlah pendaftar. Dengan total anggaran yang disiapkan sejumlah Rp 71 M (Tujuh Puluh Satu) Miliar Rupiah untuk semua kategori beasiswa. Pemerintah Provinsi Kaltim membuka Basiswa Kaltim Tuntas dan Stimulan (BKTS) pada bulan Mei tahun 2020 terbagi ke dalam 3 (tiga) kategori, yaitu beasiswa umum, beasiswa khusus, dan beasiswa kerja sama.

Syarat Beasiswa Kaltim Tuntas.
Syarat Preastasi Akademik. 
  1. Terdaftar sebagai Mahasiswa aktif yang ditandai dengan Kartu Mahasiswa disertai Surat Keterangan Aktif Kuliah dan Kartu Rencana Studi (KRS) yang sedang berjalan, pada Perguruan Tinggi yang memperoleh izin resmi penyelenggaraan program studi minimal berakreditasi B dari BAN PT/Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi/Kementrian Pendidikan Nasional atau Perguruan Tinggi luar negeri yang diakui oleh Kementerian Pendidikan Nasional, dan bukan merupakan pendidikan jarak jauh atau kelas jauh, kecuali Universitas Terbuka (UT).
  2. Melampirkan copy Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional yang memiliki rata-rata minimal 6,00 (bagi mahasiswa semester I). 
  3. Menyerahkan copy transkrip nilai akademik dengan IPK minimal 3,00 (bagi mahasiswa semester 2 keatas). 
  4. Bagi yang sedang menjalani tugas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) maupun lembaga swasta wajib menandatangani surat perjanjian di atas kertas bermaterai cukup untuk kembali mengabdi ke instansi/lembaga asalnya. 
  5. Melampirkan fotokopi buku rekening bank aktif dengan nama pemilik rekening yang sama dengan nama penerima beasiswa sesuai kartu identitas diri. 
  6. Melampirkan surat pernyataan bermaterai cukup tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain baik Pemerintah (pusat dan daerah), Pemerintah Negara lain maupun swasta dalam dan luar negeri, kecuali beasiswa yang sifatnya merupakan pendanaan bersama. 
  7. Melampirkan bukti pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) atau SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan. 
  8. Mengisi formulir beasiswa melalui laman beasiswa disini.
  9. Melengkapi berkas-berkas yang dipersyaratkan pada formulir sesuai ketentuan.

Syarat Prestasi Non-Akademik.
Penghargaan Internasional & Nasional.
  1. Melengkapi syarat pendaftaran beasiswa prestasi non akademik sebagaimana diatur pada persyaratan beasiswa umum kategori nilai akademik.
  2. Melampirkan copy Sertifikat/Piagam/Penghargaan Tingkat Nasional dan atau Internasional kategori juara 1, 2 dan 3, yang diperoleh pada saat menempuh pendidikan SMA/Sederajat atau 2 (dua)tahun terakhir.


Beasiswa Khusus 
Beasiswa yang masuk dalam kategori bantuan diberikan kepada Mahasiswa Kalimantan Timur yang berkategori: miskin, penyandang disabilitas dan berkebutuhan khusus, berasal dari pedalaman daerah Terluar, Terpencil, Terisolir (3T), anak/cucu veteran, anak korban KDRT, penghafal kitab suci/ Al-Qur’an (Hafidz/hafidzoh 30 - tiga puluh Juz). Syarat beasiswa :
  1. Miskin. Melengkapi syarat pendaftaran beasiswa miskin sebagaimana diatur pada persyaratan beasiswa umum kategori nilai akademik. Menyerahkan copy kartu peserta program keluarga harapan (PKH) atau surat keterangan tidak mampu dari Kepala Desa/Lurah/Camat. 
  2. Disabilitas dan berkebutuhan khusus. Melengkapi syarat pendaftaran beasiswa disabilitas dan berkebutuhan khusus sebagaimana diatur pada persyaratan beasiswa umum kategori nilai akademik. Menyerahkan copy surat keterangan penyandang disabilitas dari lembaga yang berwenang. Berasal dari pedalaman, terpencil, terluar, dan terisolir (3T). Melengkapi syarat pendaftaran beasiswa bagi mahasiswa berasal dari pedalaman, terpencil, terluar, dan terisolir (3T) sebagaimana diatur pada persyaratan beasiswa umum kategori nilai akademik. Melampirkan copy surat keterangan yang menyatakan berasal dari pedalaman, terpencil, terluar dan terisolir dari Kepala Desa atau sebutan lain. 
  3. Anak/Cucu Veteran. Melengkapi syarat pendaftaran beasiswa bagi mahasiswa anak/cucu veteran sebagaimana diatur pada persyaratan beasiswa umum kategori nilai akademik. Menyerahkan surat keterangan anak atau cucu kandung veteran dari legiun veteran setempat. 
  4. Anak Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Melengkapi syarat pendaftaran beasiswa bagi mahasiswa Anak Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) sebagaimana diatur pada persyaratan beasiswa umum kategori nilai akademik. Menyerahkan Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DKP3A) Prov Kalimantan Timur. 
  5. Penghafal Kitab Suci Al Qur’an (Hafidz/hafidzoh 30 Juz). Melengkapi syarat pendaftaran beasiswa bagi mahasiswa Penghafal Kitab Suci Al Qur’an (Hafidz/hafidzoh 30 Juz) sebagaimana diatur pada persyaratan beasiswa umum kategori nilai akademik. Menyerahkan copy sertifikat/Syahadah dari lembaga terkait dan dilegalisir Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi dan atau Kabupaten/Kota.
Syarat Khusus Beasiswa Kaltim Tuntas.
  1. Mahasiswa yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kalimantan Timur yang menempuh pendidikan tinggi. 
  2. Mahasiswa yang secara khusus dikirim oleh Pemerintah Daerah untuk menempuh Pendidikan Tinggi. 
  • Durasi Waktu Pemberian beasiswa
  • Beasiswa diberikan sekaligus atau bertahap.
  • Alokasi dana bantuan bervariasi menurut jenjang pendidikan, jenis pendidikan, tempat perguruan tinggi atau menurut perjanjian kerja sama serta ketersediaan anggaran. 
  • Beasiswa Diberikan Paling Lama untuk :
  1. Diploma I maksimal 1 (Satu) tahun 
  2. Diploma II maksimal 2 (Dua) tahun 
  3. Diploma III maksimal 3 (tiga) tahun. 
  4. Diploma IV maksimal 4 (empat) tahun. 
  5. Strata 1 (satu) maksimal 4 (Empat) tahun. 
  6. Strata 2 (dua) maksimal 2 (Dua) tahun. 
  7. Strata 3 (tiga) maksimal 4 (Empat) tahun. 
  8. Mahasiswa Perkeretaapian Rusia S1 dan S2 maksimal 6 (Enam) tahun.
Misi Kalimantan Timur Berdaulat 2023 yaitu mewujudkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) Kalimantan Timur yang berakhlak mulia, mandiri dan berdaya saing tinggi. Berdaulat dalam pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia) dengan penerapan pendidikan agama dan moral dalam sistem pendidikan yang terpadu serta penguasaan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Kalimantan Timur yang berakhlak mulia, cerdas, sehat, berdaya saing dan terampil.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur sigap membantu putera-puteri Kalimantan Timur mengikuti pendidikan tinggi sampai selesai dan tuntas melalui pemberian beasiswa kaltim tuntas dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Ayo sekolah, ayo kuliah, gapai mimpi dan cita-cita untuk masa depan lebih baik.

Layanan dan Informasi : informasi@kaltimtuntas.id
Official website : kaltimtuntas.id
khairpedia.blogspot.com

Posting Komentar