Table of Content

Cara Cek Plagiarisme Di Turnitin

 

Potensi dan Peran Turnitin dalam Dunia Akademik 


Zaman semakin berkembang dan itu berpengaruh pada semua bidang kehidupan. Salah satunya dalam dunia pendidikan. Bahkan, kini pendekatan baru di dunia ajar mengajar semakin bermunculan. Terlebih, di saat feomena saat ini yang mengharuskan seluruh lembaga menerapkan pembelajaran daring. Begitu juga dengan kegiatan penyusan skripsi, tugas akhir dan tesis yang mengharuskan untuk mempelajari cara cek turnitin secara online.


Pastikan Anda memilih jenis tool terbaik agar hasil uji plagiarisme dapat dipertanggungjawabkan. Salah satu pilihannya adalah Turnitin. Ada berbagai macam cara cek turnitin gratis. Salah satunya dalah dengan mengunjungi laman online berikut ini - cara cek plagiasi turnitin


Turnitin Adalah Solusi Originalitas Dunia Akademik


Turnitin adalah solusi originalitas dunia akademik kini mulai banyak dikenal. Berbagai institusi menggunakannya untuk menguji keaslian karya. Alat cek plagiarisme ini tidak hanya penting untuk suatu lembaga, namun juga bagi perseorangan seperti peneliti dan sebagainya. Sehingga dibutuhkan tutorial untuk mengetahui cara cek plagiarisme di turnitin.


Pembelajaran online diharapkan mampu mengimbangi sistem belajar tatap muka yang pastinya berkualitas tinggi. Salah satunya dengan tetap menjaga integritas akademik seorang siswa atau mahasiswa. Mengingat, ketika sistem belajar daring ditetapkan kemungkinan peserta didik melakukan plagiarisme semakin tinggi. 


LOLOS CEK TURNITIN

0821 3608 1847

KHAIRPEDIA (PARAFRASE TURNITIN)

tersedia layanan cek turnitin online gratis 

(S&Kb)


Oleh karena itu, Turnitin original hadir sebagai jawaban atas perubahan yang terjadi. Pada awalnya, alat uji plagiarisme tersebut sekedar menjalin kemitraan kepada berbagai komunitas akademis, kampus dan universitas. Tidak sedikit pun terbesit dalam benak pembuatnya bahwa Turnitin akan sangat dicari pada tahun 2020. Banyak sekali panduan yang menjelaskan tentang cara cek plagiasi turnitin. Namun yang paling utama bukan hanya tentang cara pengecekan plagiasi d turnitin, melainkan bagaimana bisa lolos cek turnitin dengan mudah dan cepat.

gambar ( khairpedia - cek turnitin )


Tujuan utama didirikannya software Turnitin adalah untuk mempertahankan integritas akademis. Sehingga, alat tersebut sangat relevan dengan kebutuhan pendidikan hari ini. Tentunya dengan berbagai fitur dan tawaran menarik yang ada di dalamnya. 


Kesamaan konten tulisan dengan karya orang lain akan dengan mudah terdeteksi melalui Turnitin. Hal tersebut semakin memotivasi pelajar atau mahasiswa serta peneliti untuk memperoleh karya yang benar-benar baik dan original. 


Saat ini memang telah banyak alat deteksi plagiarisme yang bisa digunakan. Namun, banyak di antaranya yang tidak menangani potensi terjadinya kejahatan intelektual. Sementara mayoritas sekolah dan universitas memiliki standar baru dalam dunia akademik.


Manfaat dan Keunggulan Turnitin dalam Dunia Akademik 


Turnitin sebagai solusi hadapi standar baru di dunia akademik akan meninjau tulisan Anda dan mencari ada tidaknya kemiripan dengan konten lain. Alat tersebut telah dilengkapi dengan database dan lain sebagainya sehingga sangat relevan dengan kebutuhan organisasi pendidikan. 


Ada beragam keuntungan dan manfaat Turnitin. Dengan memanfaatkan kecanggihannya, Anda bisa mendapatkan: 


- Menemukan adanya kemiripan antara teks seseorang dengan lainnya. Inilah yang kerap terjadi dalam dunia akademik. Khususnya untuk karya dalam kapasitas besar seperti skripsi, tesis atau disertasi. Tidak jarang pula jurnal ilmiah mengandung kesamaan konten dengan lainnya. 


- Mengetahui indikasi manipulasi konten yang tidak berdasar. Kejahatan juga kerap terjadi dalam dunia akademik. Ada kalanya seorang akademisi malas membuat karya sehingga memilih untuk menjiplak. Upaya tersebut masuk ke dalam jenis manipulasi konten yang perlu dihindari. 


- Membandingkan antar konten, yaitu karya satu orang dengan koleksi kumpulan konten yang ada di database Turnitin. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Turnitin telah dilengkapi dengan fitur serta database berkapasitas besar yang mampu mendeteksi beragam bentuk plagiarisme. 


- Menganalisa tugas seseorang agar dapat menghasilkan keaslian, orisinil dengan penuh tanggung jawab. Adanya alat uji plagiarism sangat penting untuk mempertahankan keaslian tulisan mereka. Dengan demikian, setiap orang lebih bersemangat dalam menciptakan karya. 


- Mendukung pertumbuhan siswa secara akademis. Khususnya dengan wacana yang bisa ditindaklanjuti serta data formatif untuk meningkatkan integritas pendidikan. Dunia akademis akan semakin berkualitas karena orang akan membuat karya terbaik tanpa mencomot milik orang lain. 


Secara umum, manfaat utama Turnitin adalah memastikan sebuah karya tidak terindikadi menjiplak karya lainnya. Hal ini bukan berarti mengutip itu dilarang. Seorang penulis, pelajar, peneliti dan sebagainya wajib mengusai software tersebut. Hasilnya, karya akan terjamin dan penulis akan tetap merasa tenang. 


Sebagai solusi mudah untuk masyarakat, kini telah ada jasa cek Turnitin. Dengan begitu, tanpa harus repot membuat akun verifikasi. Semua terima jadi dengan hasil karya memuaskan. Karena itu, tidak heran jika kebanyakan pengguna memanfaatkan layanan tersebut. 


Selain berbagai manfaat di atas, masih banyak lagi manfaat Turnitin yang bisa Anda dapatkan. Turnitin sebagai solusi originalitas dunia akademik memang sangat diperlukan saat ini. Sudah saatnya setiap instansi menerapkan alat uji tersebut untuk melihat seberapa orisinil suatu karya.


Kampus dan Universitas yang sudah menerapkan Cek Turnitin adalah :

Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Universitas Trisakti Jakarta

Perbanas, Universitas Veteran, Univeritas Negeri Yogyakarta (UNY)

UIN Jakarta, UIN Yogakarta, UIN Bandung

Universitas Krisnadwipayana

Universitas Boyolali (UBY)

UNS Solo, UNU, UMS

Universitas Batanghari Jambi

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Dan masih banyak lagi. (Khairpedia)


khairpedia.blogspot.com

Posting Komentar