Table of Content

Peluang Kerja Luas, Daftar Kuliah di Jurusan Digital Marketing Terbaik

Pada era digital ini, kebutuhan digital marketer meningkat pesat. Selain workshop, Anda dapat berkuliah di jurusan digital marketing terbaik.

Digital marketing atau pemasaran digital merupakan suatu ilmu yang mempelajari bagaimana memasarkan produk melalui media digital. Selain tentang marketing, Anda juga dapat mempelajari konsep psikologi, antropologi, dan multimedia. Meskipun banyak kursus yang berkaitan dengan digital marketing, ternyata di beberapa kampus pun ada jurusannya lho. Dimanakah jurusan digital marketing terbaik?

Tahukah Anda? Digital marketing termasuk salah satu jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja dan pekerjaannya memiliki peluang besar yang dapat bertahan hingga beberapa tahun ke depan. Lalu, manakah universitas yang ada jurusan digital marketing? Simak ulasan berikut ini!

Jurusan Digital Marketing Terbaik

Saat ini, perusahaan banyak yang membutuhkan lulusan dari S1 digital marketing. Untuk mengembangkan skill agar menjadi digital marketer profesional, Anda perlu mendaftar menjadi mahasiswa jurusan digital marketing. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan teori hingga praktik yang cukup sehingga Anda mampu menguasai beberapa atau semua spesialisasi bidang tersebut. #KHAIRPEDIA

Di Indonesia, terdapat universitas negeri yang ada jurusan digital marketing maupun universitas swasta yang ada jurusan bisnis digital. Berikut ini merupakan 5 universitas di Indonesia yang membuka jurusan digital marketing.

Universitas Negeri Jakarta

Meski baru dibuka pada tahun 2020, program studi S1 Bisnis Digital di UNJ termasuk jurusan digital marketing terbaik di Indonesia. Sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, UNJ mampu membentuk para mahasiswanya agar kompeten dalam dunia digitalisasi.

Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan atau UAD membuka jurusan digital marketing di Jogja. Selain menjalani perkuliahan, mahasiswa juga dapat mengikuti pelatihan digital marketing. Namun, biaya kuliah di UAD termasuk mahal. #KHAIRPEDIA

Bina Nusantara University Jakarta

Sudah tidak heran lagi, universitas jurusan digital marketing di Indonesia yang tak kalah bagusnya adalah Binus. Adanya program studi Business Creation atau penciptaan bisnis, Binus mampu membentuk mahasiswanya menjadi pembelajar sekaligus wirausaha di masa mendatang. Bukan wirausaha biasa, namun juga kreatif dan inovatif yang melibatkan peran teknologi digital tentunya.

Universitas Padjajaran Bandung

Universitas Padjadjaran merupakan kampus pertama yang membuka program studi bisnis digital untuk pertama kalinya di bawah naungan FEB atau Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dari program studi ini, harapannya adalah terciptanya lulusan berkualitas dalam bidang big data, marketplace, dan mampu berkecimpung di dunia start-up.

Universitas Prasetiya Mulya Jakarta

Perpaduan ilmu teknologi digital dengan penguasaan keterampilan dan pengembangan jiwa wirausaha, program studi Digital Business Technology di Universitas Prasetiya Mulya menjadi jurusan digital marketing terbaik di Indonesia. Jurusan ini juga termasuk dalam daftar jurusan kuliah IPA bergaji besar. Sangat keren, 'kan? #KHAIRPEDIA

Skill yang Dibutuhkan dari Seorang Digital Marketer

Setelah lulus dan mendapat gelar S1 digital marketing, diharapkan tiap lulusan sudah menguasai skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Apa saja keterampilan yang dibutuhkan?

1.Programming

Kemampuan satu ini sudah jelas sangat dibutuhkan di era digital. Programming umumnya meliputi front end dan back end.

2.Coding

Ahli pengkodean sekarang ini banyak dibutuhkan untuk menjalani kebutuhan bisnis di berbagai sektor. Dengan coding, Anda dapat memecahkan masalah secara logis.

3.UI/UX Design

Selain membuat desain tampilan suatu aplikasi atau website, UI/UX designer juga akan membuat user experience atau user friendly pada suatu website.

4.Social Media Strategy

Seorang digital marketer juga harus pandai dalam mengelola dan mengatur strategi dalam media sosial. Agar campaign yang diadakan mampu menciptakan brand awareness dan traffic.

5.SEO

Merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization, yaitu untuk  mengatur segala konten yang akan dipublish. Keterampilan ini akan menentukan ranking suatu website yang akan berpengaruh pada traffic web perusahaan.

6.Copywriting

Tak hanya sekadar menulis, copywriter juga harus pandai dalam menargetkan pasar dengan penyampaian pesan yang menjual.

7.Data Analyst

Keterampilan dalam menganalisa data digital, menerjemahkan berbagai data, hingga mencari solusi dari suatu masalah bisnis yang ada juga harus dikuasai dalam dunia digital marketing.

Itulah jurusan digital marketing terbaik di Indonesia. Untuk mengambil jurusan tersebut, Anda perlu menyiapkan biaya kuliah digital marketing kurang lebih 26 juta rupiah. #KHAIRPEDIA


Posting Komentar