Table of Content

Syarat Masuk Jurusan Astronomi ITB

Suka mengamati benda langit? Jurusan astronomi jadi pilihan tepat untuk mempelajarinya. Yuk, simak pengenalan dan syarat masuk jurusan astronomi ITB!

Jika Anda pernah menonton film Petualangan Sherina dan mendengar lagu yang berisikan benda langit, mungkin Anda akan berimajinasi seperti apa gambarannya. Atau mungkin Anda memiliki tingkat keingintahuan yang tinggi terhadap peristiwa yang terjadi di luar angkasa? Fenomena yang terjadi di langit dapat Anda pelajari lho dengan mendaftar kuliah di jurusan astronomi. Kira-kira apa saja yang dipelajari dan apa saja syarat masuk jurusan astronomi ITB?

Mengapa hanya menyebut ITB? Anda hanya dapat mendaftar astronomi ITB karena saat ini jurusan tersebut baru tersedia di satu kampus yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan termasuk dalam FMIPA atau Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Di ITB, Anda dapat belajar ilmu astronomi mulai dari tingkat sarjana hingga doktoral. Yuk, kenalan dulu dengan jurusan astronomi. #KHAIRPEDIA

Perkenalan dan Syarat Masuk Jurusan Astronomi ITB

Dalam jurusan astronomi, Anda akan mempelajari ilmu biologi, fisika, kimia, hingga evolusi yang berkaitan dengan benda-benda langit. Apakah jurusan astronomi susah? Tidak sesulit yang dibayangkan ko’. Namun, Anda perlu memiliki ketelitian dan ketekunan yang tinggi, serta kemampuan observasi yang baik sebagai syarat masuk jurusan astronomi ITB

Mata kuliah astronomi ITB tidak jauh-jauh dari mata kuliah matematika, fisika, dan kimia karena ketiga ilmu ini sangat dibutuhkan jika ingin memahami fenomena alam dalam rentang waktu tertentu. Jurusan astronomi memiliki akreditasi A dan pada tahun 2020 tercatat setidaknya ada 1.237 orang menjadi peminat jurusan astronomi ITB melalui jalur SBMPTN. Peminatnya sangat banyak bukan? Padahal daya tampung astronomi ITB hanya 142 kursi saja.

Mengingat peminat yang banyak dan astronomi juga termasuk jurusan yang menjanjikan gaji tinggi untuk wanita, tingkat kompetisi akan sangat tinggi. Dengan persaingan yang begitu ketat, tentu Anda perlu menyiapkan beberapa strategi agar berkesempatan untuk mendapatkan salah satu kursi tersebut. Meski begitu, jangan berkecil hati karena ada tips agar Anda dapat mempersiapkan diri menjelang pendaftaran mahasiswa baru. #KHAIRPEDIA

Tips Masuk Jurusan Astronomi ITB

Seperti yang sudah diketahui masyarakat luas, ITB memiliki peminat yang sangat banyak di setiap jurusannya. Hal tersebut menyebabkan pihak kampus menentukan passing grade nya dengan angka yang cukup tinggi. Jika Anda ingin lolos, nilai untuk masuk jurusan astronomi yang diterima adalah minimal 658,25 dan rata-rata skor pada saat SBMPTN adalah mencapai 682,26.

Untuk biaya jurusan astronomi ITB, Anda perlu menyiapkan dana setidaknya Rp3.000.000,- hingga Rp10.000.000,- untuk pembayaran di muka ketika dinyatakan diterima sebagai mahasiswa ITB. Saat praktikum, memang tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan. Namun, tidak ada salahnya jika Anda tetap menyiapkan dana darurat untuk setiap praktikum minimal Rp500.000,- dalam satu semester.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Astronomi

Saat sudah lulus sarjana, Anda akan menyandang gelar sarjana astronomi ITB yaitu Sarjana Sains (S.Si). Astronomi merupakan salah satu jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja dan pekerjaannya dapat menghasilkan gaji yang cukup besar. Prospek kerja lulusan astronomi dapat meliputi dunia penelitian, pengajaran, hingga media.

Bagi Anda yang menyukai dunia pendidikan, Anda dapat menjadi tenaga pengajar terampil agar siswa semakin semangat dan tertarik untuk mempelajari sains. Kemudian, hobi menulis Anda juga dapat tersalurkan dengan menjadi penulis kolom dan editor pada majalah maupun jurnal sains dengan penyampaian yang kreatif.

Jadi, syarat masuk jurusan astronomi ITB tidaklah terlalu sulit tapi tidak bisa dikatakan mudah. Anda perlu menyiapkan diri dan melakukan segala persiapan dari jauh hari sebelum penerimaan mahasiswa baru dimulai. #KHAIRPEDIA


Posting Komentar