Table of Content

Cara Mengobati Polip Hidung dengan Jahe yang Aman dan Alami dalam 5 Langkah Mudah


Polip hidung adalah pertumbuhan jaringan sel abnormal pada hidung. Pertumbuhan jaringan sel ini menyebabkan penyumbatan rongga hidung. Penderita polip hidung seringkali merasakan gejala berupa pernafasan yang terganggu, penurunan penciuman, hingga pilek berkepanjangan. Simak ulasan langkah cara mengobati polip hidung dengan jahe yang diracik menjadi minuman berikut untuk mengatasinya.

1. Siapkan Bahan

Untuk membuat minuman racikan jahe, pembaca perlu mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Siapkan jahe, daun sirih, daun serai, jeruk nipis, dan cengkeh. Semua bahan ini disiapkan secukupnya saja. Bahan-bahan ini akan direbus dalam air sejumlah 400ml.

Pembaca sebaiknya menyiapkan bahan-bahan yang organik. Belilah bahan-bahan asli di pasar atau toko rempah. Bahan asli akan lebih baik dan lebih segar daripada bahan-bahan yang sudah diolah menjadi bahan-bahan instan berbentuk bubuk. Sebab, bahan-bahan instan sangat mungkin sudah tidak murni atau memiliki campuran bahan lain di dalamnya.

2. Haluskan Jahe

Langkah selanjutnya adalah dengan menghaluskan jahe. Namun sebelum itu, pembaca perlu membersihkan dan mengupas kulit jahe terlebih dahulu. Agar jahe tetap bersih dan tidak terkontaminasi dengan zat lain, pembaca perlu membersihkan noda yang melekat di kulit jahe sebelum mengupasnya.

Setelah kulit jahe dibersihkan, haluskan jahe. Pembaca bisa menghaluskan jahe dengan berbagai macam metode. Jahe bisa dihaluskan dengan cara diparut, diblender, atau pun digiling. Pastikan untuk membuat jahe benar-benar halus seperti pasta. Sisihkan jahe yang sudah dihaluskan di wadah kering yang bersih untuk mempersiapkan langkah berikutnya.

3. Rebus Semua Bahan

Langkah cara mengobati polip hidung dengan jahe berikutnya adalah perebusan. Siapkan 1 sendok jahe yang sudah dihaluskan. Tidak lupa juga dengan bahan-bahan yang sudah disiapkan sebelumnya. Masukkan semua bahan kecuali jeruk nipis ke dalam rebusan 400 ml air bersih.

Masak semua bahan sambil mengaduknya secara terus-menerus. Setelah air rebusan sedikit meletup-letup, berikan perasan air jeruk nipis. Jangan mengikutsertakan bijinya. Saring air perasan jeruk nipis terlebih dahulu sebelum menuangkannya ke air rebusan. Lanjutkan dengan mengaduk air rebusan hingga air mendidih.

4. Masak Hingga Mendidih

Setelah air mendidih jangan langsung diangkat. Biarkan air untuk mendidih hingga air rebusan menyisakan setengah dari total air rebusan 400ml. Jika air rebusan sudah menyusut hingga setengahnya, pembaca baru bisa mematikan api kompor.

Hal ini dimaksudkan agar bahan-bahan yang direbus bisa diambil sarinya secara optimal. Dengan air yang sudah menyusut hingga setengahnya, maka itu berarti bahan-bahan terseduh secara maksimal. Jahe halus yang dimasukkan pun juga sudah terseduh dengan maksimal, sehingga air rebusan ini jadi memiliki kandungan aktif dari semua bahan-bahan yang dimasak dalam air tersebut.

5. Konsumsi Selagi Hangat

Setelah air menyusut hingga setengah dari jumlah air yang digunakan di awal, matikan kompor. Angkat wadah air rebusan dan biarkan panasnya sedikit berkurang. Berikutnya lanjutkan dengan menyaring air rebusan. Pindahkan air rebusan semua bahan ke wadah sambil menyaringnya dari bahan-bahan yang sudah dicampurkan di dalamnya.

Sajikan air rebusan dalam gelas dan minum selagi hangat. Minuman ini juga bisa dikonsumsi saat dingin, namun tentunya untuk penderita polip hidung akan lebih nyaman untuk mengkonsumsinya selagi hangat. Minum air rebusan ini secara rutin setiap pagi hari. Lakukan ini setiap hari selama satu bulan. Dengan melakukannya secara konsisten polip hidung bisa terobati.

Itulah 5 langkah cara mengobati polip hidung dengan jahe. Pastikan untuk penderita juga mendapatkan perawatan medis yang tepat dari dokter. Konsumsi air rebusan ini secara rutin dengan persetujuan dari dokter. Semoga cara di atas bermanfaat dan bisa membantu mengobati polip hidung yang pembaca atau rekan pembaca derita. Semoga berhasil.


Posting Komentar