Table of Content

Inilah Rahasia Cara Membuat Sirup Jahe yang Menggugah Selera!

Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang bisa diolah menjadi minuman enak. Hal ini sudah dicontohkan masyarakat masa lampau.


Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang bisa diolah menjadi minuman enak. Hal ini sudah dicontohkan masyarakat masa lampau. Jahe bisa dibuat menjadi sirup. Cara membuat sirup jahe bisa dilakukan melalui beberapa langkah. Ini penjelasan lengkapnya!

Sekilas Tentang Tanaman Jahe

Sebelumnya, mari mengenal terlebih dahulu mengenai tanaman jahe. Salah satu jenis tanaman yang berfamili temu/ Zingi ini adalah tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk rempah atau pun herbal. Jahe memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh. 

Tidak heran, tumbuhan ini banyak diolah menjadi jahe instan hingga dibuat sebagai sirup yang menyehatkan. Manfaat jahe untuk kesehatan bisa menjadi pereda pilek, penghilang mual ataupun sakit kepala, dan semacamnya.

Cara Membuat Sirup Jahe

Seperti yang disinggung sebelumnya, jahe bisa diolah menjadi berbagai jenis produk. Salah satunya menjadi sirup jahe. Jenis sirup jahe pun beragam, bisa sebagai sirup pemberi rasa manis atau pun sirup untuk minuman.

Adapun di Indonesia, jahe lebih banyak digunakan sebagai rempah-rempah juga sirup minuman. Untuk membuatnya bisa dicampur dengan rempah-rempah lain seperti pala, cengkih, dan sebagainya. Adapun cara membuat sirup jahe yaitu:

1. Persiapkan Bahan Sirup Jahe

Pertama-tama, siapkan bahan yang dibutuhkan untuk membuat sirup jahe. Seperti yang disinggung sebelumnya, sirup jahe dibuat dengan campuran rempah lainnya. Hal ini akan menambah cita rasa sirup serta khasiatnya pun semakin bagus.

Adapun bahan yang dibutuhkan yaitu jahe merah (500 gr), temulawak (100 gr), serai (50 gr), kunyit (100 gr), gula jawa (2 Kg), gula pasir (2 Kg), garam (1 sdt), cengkih & pandan secukupnya dan air (4 liter). Siapkan semua bahan tersebut sebelum memulai pembuatan sirup.

2. Siapkan Peralatan yang Akan Digunakan

Selanjutnya, jangan lupa untuk mempersiapkan alat yang akan digunakan. Guna kelancaran pembuatan sirup, maka alat yang digunakan harus tersedia. Adapun alat yang digunakan berupa parutan, panci, wadah, kompor, dan sebagainya.

3. Bersihkan Jahe

Cara membuat sirup jahe selanjutnya yaitu membersihkan jahe. Tanamah jahe merupakan salah satu tanaman yang memiliki rimpang. Maka dari itu, pembersihannya harus dilakukan seteliti mungkin. Gunakan air bersih yang mengalir untuk membersihkan jahe.

4. Parut dan Peras Jahe

Jika sudah dibersihkan, parut jahe hingga selesai. Hal ini dilakukan guna mendapatkan sari air yang terdapat pada jahe. Gunakan wadah berupa baskom dan semacamnya untuk menampung sari jahe. Selanjutnya, peras agar sari jahe keluar secara maksimal. Sari jahe yang berhasil diperas akan bersifat kental dengan warna kuning kecoklatan yang khas.

5. Proses Perebusan

Selanjutnya, siapkan 4 liter air bersih ke dalam panci yang sudah disiapkan. Pastikan air yang digunakan benar-benar bersih, sehingga tidak mengurangi khasiat jahe. Lakukan perebusan pada rempah-rempah yang tersedia. Rempah yang dimaksud yaitu cengkeh, serai, pandan, kunyit, dan temulawak. Rebus hingga mendidih, kemudian masukkan perasan sari jahe. 

6. Penyaringan

Jika semua rempah sudah direbus hingga mendidih, selanjutnya lakukan penyaringan. Saringlah pada panci lainnya agar tidak ada endapan rempah-rempah. Selanjutnya, hasil saringan dipanaskan kembali untuk dicampur dengan gula jawa dan gula pasir. Jika sudah mendidih, angkat dan dinginkan. Selanjutnya bisa disimpan pada botol atau pun tempat lainnya. Selain enak, sirup jahe sangat menyehatkan tubuh.

Demikianlah ulasan terkait cara membuat sirup jahe yang bisa dicoba. Minuman menyehatkan yang patut untuk dikonsumsi secara rutin. Pastikan untuk memperhatikan kebersihan dalam proses pembuatan sirup jahe. Hasilnya pun akan lebih tahan lama dengan khasiat yang maksimal.


Posting Komentar