Table of Content

Cara Daftar Ahrefs Webmaster Tools Lengkap Dengan Gambar

Dibawah ini adalah panduan lengkap cara mendaftar dan menghubungkan blog ke ahrefs webmaster Lengkap dengan gambar

Ahrefs webmaster tools yang di rilis pada tahun 2020 menjadikannya tools yang sangat powerfull untuk melakukan audit. Ahrefs webmaster tools tidak jauh berbeda dengan google search console dimana memiliki tugas untuk melakukan report dan audit website.

Namun jika dilakukan sedikit perbandingan,,, menurut saya ahrefs webmaster tools memiliki fungsi yang lebih baik dibandingkan google search console.

Teruntuk seorang blogger seperti saya, dirilisnya ahrefs webmaster tools sangat membantu dalam melakukan audit blog atau website terutama dalam hal,, tracking keyword, backlink , intenal-link , 404 Url dan beberapa tools penting yang akan kita bahas diartikel ini.

Table Of Contents

Cara Daftar Ahrefs Webmaster Tools
Cara Daftar Ahrefs Webmaster Tools 

Cara Daftar Ahrefs Webmaster Tools

Untuk dapat menggunakan ahrefs webmaster tools kamu diwajibkan untuk mendaftarkan blog kamu dahulu dengan cara melakukan verifikasi yang sudah disediakan oleh ahrefs.

Dibawah ini adalah panduan lengkap cara mendaftar dan menghubungkan blog ke ahrefs webmaster.

  1. Pertama, silahkan kamu tekan tombol  " Sign Up For Free " dan kamu dapat login dengan menggunakan facebook atau dengan akun google

  2. Verifikasi Blog Ke Ahrefs Webmaster Tools

  3. Setelah kamu berhasil daftar ahrefs webmasternya, selanjutnya masuk ketahapan menghubungkan blog ke ahrefs webmaster tools.
  4. Disini kamu dapat menghubungkan domain ke ahrefs webmaster dengan otomatis dengan menggunakan google search console. Namun dalam panduan ini saya menggunakan manual saja dengan menggunakan Tag Meta HTML

  5. Verifikasi Blog Ke Ahrefs Webmaster Tools

  6. Pada bagian nama domain masukkan nama website kamu dan sesuaikan HTTP dan HTTPS nya, jika sudah silahkan klik Continue

  7. Ahrefs Webmaster Tools

  8. Pada bagian HTML TAG,  kamu salin kode tersebut dan masuk ke Edit HTML diblogger kamu dan tempelkan pada bagian atas dibawah tag <head> Blog kamu. Jika kamu menggunakan wordpress kamu dapat menggunakan Plugin Inser Header Footer.

  9. Verifikasi Blog Ke Ahrefs Webmaster Tools

  10. Kamu dapat lihat contohnya pada gambar dibawah ini, saya meletakkannya pada bagian meta tag theme paling atas

  11. Verifikasi Blog Ke Ahrefs Webmaster Tools

  12. Jika sudah silahkan klik Recheck Status pada bagian atas, jika warnanya berubah menjadi warna hijau berarti sudah sukses
  13. Setelah itu silahkan kamu klik Continue dan Klik Finish

  14. Verifikasi Blog Ke Ahrefs Webmaster Tools

Gimana.. mudah bukan daftar ahrefs webmaster toolsnya?, setelah berhasil melakukan proses pendaftaran diatas berarti blog kamu sudah terverifikasi kedalam database ahrefs dan siap untuk di crawler.

2 Fitur Unggulan Ahrefs Webmaster


Fitur Unggulan Ahrefs Webmaster Tools

Diatas adalah tampilan pertama saat saya menghubungkan situs saya ke AWT, Pada page tersebut kalian dapat melihat beberapa metrik seperti 
  1. Backlink 
  2. Organik Keyword
  3. Organik Traffic 
  4. Reffering Domain 
  5. Health Score
  6. Domain Rating
Namun, apasih fitur yang patut kamu coba di ahrefs webmaster?, yuk bahas sekilas mengenai fitur dibawah ini
Fitur Unggulan Ahrefs Webmaster Tools

Fitur backlink menjadi fitur yang paling saya sukai dari ahrefs web master, selain gratis, Bot Ahrefs juga sangat cepat melakukan crawl terhadap backlink baru.

Diatas ada beberapa fitur yang paling sering saya gunakan, fitur yang lain tetap penting namun saya belum memerlukannya dalam proses audit web sekecil ini.
Fitur Unggulan Ahrefs Webmaster Tools

Organik search, atau organik keyword merupakan fitur AWT yang sangat membantu juga, karena dengan fitur ini kita bisa mengetahui organik keyword artikel kita dan sekaligus dapat melihat peringkat artikel kita di google search.

Seperti pada gambar diatas, saya hanya menggunakan 3 fitur saja dari tab Organik Search, untuk tools yang lain saya tidak terlalu menggunakannya karena saya biasa menggunakan tools lain untuk melakukan riset tersebut.

3 Limit Ahrefs Webmaster

Seperti yang kita ketahui bersama, ahrefs memberikan tools ini secara gratis. Namun meskipun begitu AWT ternyata memiliki limit dan batas maksimum penggunaanya. Ya mungkin ini strategy marketing untuk meningkatkan pengguna ahrefs.

Berikut adalah Limit Ahrefs Webmaster Tools

Ahrefs Webmaster Batas
Crawl credits 5000
Backlink index Live Only
Data retention 3 Bulan
Content gap, rows per report 10
Competing pages / domains 10

Mungkin sekian dahulu pembahasan saya tentang cara daftar ahrefs webmaster ini. 

Semua fitur yang diberikan ahrefs webmaster sangat berguna untuk kamu yang ingin melakukan audit website mulai dari off page dan on page seo. Jadi jangan ragu untuk daftar ahrefs webmaster.

Posting Komentar