Table of Content

9 ( Sembilan ) Tupoksi - Tugas Pokok Fungsi Operator Sekolah

Tugas Operator Sekolah dan ketentuan honor atau gaji sesuai ketentuan yang berlaku.
tugas-jobdesk-operator-sekolah
Data yang di inputkan operator sekolah adalah dasar - acuan bagi kebijakan-kebijakan pendidikan. Sehingga operator sekolah harus bekerja ekstra teliti dan hati-hati, karena berkaitan erat dengan pencairan Dana BOS atau Bantuan Operasional Sekolah, Program KIP atau Kartu Indonesia Pintar, Data Peserta Ujian Sekolah, Verifikasi dan Validasi Peserta Didik, Inventaris Sekolah, bahkan apabila dibutuhkan juga akan berinteraksi dengan data yang diserahkan kepada Bendahara BOS atau bendahara Bantuan Operasional Sekolah.
khairpedia.blogspot.com

Kuliah Kelas Karyawan Untuk OPS Dapodik


Sembilan Tupoksi tersebut antara lain Mengelola Aplikasi Dapodik, Mengelola Aplikasi PMP, Mengelola Aplikasi SPM, Pengajuan KIP untuk melaksanakan Program PIP, Pelayanan Administrasi Tata Usaha, Verivikasi dan Validasi Peserta Didik, Mengelola Aplikasi BIOUN, Mengelola Inventaris Sarana dan Prasarana dan Mengelola Aplikasi Sekolah Kita

9 (sembilan) TUPOKSI

Tugas pokok dan fungsi operator sekolah adalah sebagai berikut: 

1. Mengelola Aplikasi DAPODIK ( Data Pokok Pendidikan )

Dapodik atau Data Pokok Pendidikan adalah tugas utama operator sekolah (OPS). Dapodik menjadi sumber utama informasi yang digunakan sekolah dan pemerintah untuk melihat kondisi sekolah. Data dapodik juga sudah terkoneksi ke instansi pemerintah lain, seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil, KPK, dan BPK.


Baca Juga :
Dengan Penulisan Karya Ilmiah

Dapodik terus mengalami pembaharuan. Sinkronisasi data biasanya 2 kali dalam setahun (kecuali ada perubahan data sewaktu-waktu). Yang cukup sulit adalah tahun pelajaran baru dimana harus input data siswa satu persatu. Tetapi akan lebih mudah jika dilakukan melalui fitur Tarik Peserta Didik.

2. Mengelola Aplikasi PMP ( Pemetaan Mutu Pendidikan ) 

Aplikasi pengisian kuesioner PMP yang diawali tahun 2016 adalah tugas dari masing - masing bagian untuk mengisi berbagai macam kuesioner. Tugas dan tanggung jawab oleh masing masing elemen tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yaitu dari kepala sekolah, guru, komite, siswa dan pengawas.
khairpedia.blogspot.com

Tugas pokok operator sekolah hanya sebatas mengirim data atau kuisioner ke server pusat. Ternyata yang terjadi, praktik dilapangan didominasi tugas pegisian Aplikasi PMP oleh operator sekolah. Banyak sekali kuisioner yang harus di isi, sehingga pemakaian aplikasi pihak ketiga yaitu aplikasi Faster PMP sering dijadikan jalan pintas. Penggunaan Aplikasi Faster PMP sangat beresiko tinggi.

3. Mengelola Aplikasi SPM ( Standar Pelayanan Minimal )

Aplikasi SPM sejenis dengan Aplikasi PMP, memasukkan data sesuai data riil atau data nyata dilapangan (kondisi sebenarnya).

4. Pengajuan KIP untuk melaksanakan Program PIP

Program Indonesia Pintar adalah transformasi atau penyempurnaan sistem yang dahulu bernama BSM (Beasiswa Siswa Miskin). Dengan penerbitan KIP ( Kartu Indonesia Pintar ). Operator sekolah hanya melakukan melalui Aplikasi Dapodik.

5. Pelayanan Administrasi Tata Usaha

Operator sekolah didominasi oleh tenaga kependidikan atau karyawan TU ( Tata Usaha ), sehingga pembuatan SK, surat masuk dan keluar, kearsipan dan tugas lain sebagainya juga harus dilaksanakan atau dikerjakan.

Baca Juga :

6. Verivikasi dan Validasi Peserta Didik

Tugas operator sekolah adalah melakukan cek dan ricek pada halaman
 https://sdm.data.kemdikbud.go.id/  Melakukan pengecekan NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional, Perubahan data apabila terjadi kesalahan, dan Sinkron data.

7. Mengelola Aplikasi BIOUN

Operator sekolah juga akan bertugas melakukan pengecekan di halaman www.pdun.kemdikbud.go.id. Berguna untuk mengecek data peserta didik saat menjelang Ujian Nasional.

8. Mengelola Inventaris Sarana dan Prasarana

Operator sekolah juga bertugas untuk melakukan cek dan ricek mengenai sarana prasarana sekolah. Melakukan pembuatan kartu inventaris barang, mencatat, menginventarisir kondisi yang sebenarnya. Data yang dihasilkan adalah nomor kode barang, tahun pembuatan atau pengadaan, sumber dana dan lain sebagainya.

Baca Juga :
Siap-siap untuk Operator Sekolah.


9. Mengelola Aplikasi Sekolah Kita

http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/ adalah aplikasi website yang bisa di akses oleh orang tua peserta didik, masyarakat atau stake holder. Semua profil sekolah dapat diakses oleh semua orang yang berkepentingan dengan sekolah tersebut. Tugas operator sekolah adalah update kondisi sekolah secara berkala.

Honor Operator Sekolah Berdasarkan Juknis BOS.

Besaran honor Operator Sekolah selalu muncul untuk dibahas dan diperdebatkann antar operator sekolah. Hal tersebut disebabkan tidak ada ketentuan baku yang mengatur dan menjelaskan berkaitan besaran honor operator sekolah.

Ketentuan honorarium operator sekolah apabila dilihat secara mendalam telah diatur dalam Juknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Akan tetapi, tidak disebutkan dengan spesifik ketentuan dan besarannya.

Kebijakan honor yang akan diberikan untuk petugas pendataan di sekolah dapat mempertimbangkan ketentuan di bawah ini:

Job Desk Pendataan Dapodik hanya dilaksanakan oleh tenaga administrasi dengan kompetensi yang memadai yang ada di sekolah, bisa dikerjakan oleh pegawai tetap maupun tenaga honorer, dengan demikian pihak sekolah tidak perlu mengeluarkan anggaran tambahan untuk honor bulanan.

Jika tidak tersedia tenaga administrasi yang berkompeten, petugas pendataan lepas (outsourcing) dapat direkrut oleh pihak sekolah sesuai waktu pekerjaan ataupun setiap pekerjaan yang harus diselesaikan (honor per project).

Standarisasi honor operator dapodik menyesuaikan standar biaya (ketentuan dan kewajaran) yang berlaku pada wilayah ataupun rayon masing-masing berdasarkan beban kerja.

Menarik , 9 ( Sembilan ) Tupoksi - Tugas Pokok Fungsi Operator Sekolah ? Ayo share melalui FacebookTwitter atau Wa ... Semoga Bermanfaat.

khairpedia.blogspot.com

Posting Komentar