Table of Content

Penyakit Manusia akibat Virus Abad 20 - 21

Virus dalam bidang kesehatan merupakan mikro organisme parasit yang menginfeksi dan menyebabkan penyakit pada inangnya (manusia, hewan dan tumbuhan). Sejak ilmu kesehatan mulai dikenal oleh manusia, berbagai macam virus ditemukan dan diciptakannya penangkal virus, atau yang disebut dengan antivirus. 
khairpedia.blogspot.com

Berikut ini dirangkum beberapa virus yang menyerang manusia di dunia dari berbagai negara di dunia. Fokus penjelasan penyakit akibat virus dikhususkan pada Abad 20 sampai Abad 21 dengan jumlah korban jiwa yang sangat besar. 

Penyakit akibat Virus Abad 20
Tahun 1899 - 1923 (Eropa, Asia, Afrika) Kolera
Perkiraan korban meninggal 800 ribu jiwa

Tahun 1918 - 1920 (Dunia)  Flu Spanyol / Virus Influenza A type H1N1
Perkiraan korban meninggal lebih dari 100 juta jiwa

Tahun 1957 - 1958 (Dunia) Flu Asia / Virus Influenza A type H1N1
Perkiraan korban meninggal 2 juta jiwa

Tahun 1968 - 1969 (Dunia) Flu Hongkong / Virus Influenza A type H3N2
Perkiraan korban meninggal 1 juta jiwa

Tahun 1920 - Sekarang (Dunia) HIV - AIDS
Perkiraan korban meninggal 32 juta jiwa

Penyakit akibat Virus Abad 21
Tahun 2008 - 2009 (Zimbabwe) Kolera
Perkiraan korban meninggal 4293 jiwa

Tahun 2009 (Dunia) Virus Influenza A type H1N1
Perkiraan korban meninggal 575 ribu jiwa

Tahun 2019 - Sekarang (Republik Kongo) Measles/ Rubella
Perkiraan korban meninggal 5000 jiwa

Tahun 2019 - sekarang (Dunia) COVID-19 / Corona Virus
Perkiraan korban meninggal 5839 (data korban tanggal 15 Maret 2020)
sumber : wikipedia.org/wiki/list_of_epidemics


Wabah penyakit karena virus sangat cepat menular. Sehingga untuk meminimalkan atau menghabisi virus adalah dengan tidak melakukan kontak langsung dengan sesama penderita. Apabila terpaksa melakukan kontak langsung, sebaiknya dengan peralatan pelindung yang sangat aman dan teruji klinis.

Virus berukuran sangat kecil (mikron), tidak mudah terlihat (kasat mata). Penderita juga tidak mudah terdeteksi oleh gejala-gejala yang sederhana. Butuh alat canggih dari laboratorium dan alat deteksi kesehatan untuk mendiagnosa apakah penderita telah terjangkit virus atau tidak. Oleh sebab itu, selama merebaknya wabah penyakit karena virus yang mematikan, hendaknya dikurangi dalam berinteraksi di tempat ramai.


Selain itu biasakan hidup bersih, mengkonsumi makanan dan minuman yang sehat, olahraga sederhana rutin, cukup minum air putih, cukupi asupan vitamin dan jaga stamina tubuh dengan pola tidur teratur. khairpedia.blogspot.com

Apabila pihak berwenang sudah mengeluarkan peraturan untuk menangani virus yang menyebabkan wabah penyakit, hendaknnya dipatuhi untuk keselamatan bersama. Tidak merasa jumawa atau merasa kebal oleh virus. Karena virus dapat menular - menyerang siapapun dalam keadaan imunnitas tinggi, apalagi saat imunitas tubuh menurun atau drop.
khairpedia.blogspot.com

1 komentar