Table of Content

Lomba Cerpen Nasional Total Hadiah 25 Juta Rupiah

IKUTLOMBA adalah Organisasi yang memfasilitasi pemuda Indonesia untuk terus meningkatkan kemampuan bersaing dalam berbagai kompetisi nasional maupun internasional. Program IKUTI LOMBA antara lain ialah memberikan informasi seputar perlombaan, pendanaan berbagai lomba, mentorship perlombaan, dan mengadakan perlombaan.

Hadiah Total hadiah senilai Rp25.000.000. Semua karya dibukukan dalam Antologi Cerpen Impianku. Gratis mengikuti kelas mentoring kepenulisan untuk 100 orang tercepat menjadi peserta yang valid dan finalis 100 besar.

TEMA IMPIANKU

Dalam hidup setiap orang, pasti memiliki mimpi yang ingin diwujudkan, tujuan yang ingin dicapai, dan angan yang ingin diraih. Saat mewujudkan mimpi, seringkali kita menghadapi tantangan dan lika-liku yang bisa menjadi sebuah cerita.

Maka, Lomba Menulis Cerpen Nasional 2 (LMCN 2) dari @ikutlomba ini akan menjadi wadah kamu untuk mengekspresikan impianmu dalam sebuah cerpen. Beberapa di antaranya seperti cita-cita di masa depan, impian memiliki sesuatu atau berkunjung ke suatu tempat , dan impian untuk ber temu dengan seseorang serta masih banyak contoh lainnya. Yuk, ceritakan perjalanan mewujudkan impianmu untuk menginspirasi pejuang mimpi lainnya!

Tanggal Penting
2 Maret - 14 April 2020
Pendaftaran s/d Konfirmasi

2 Maret - 20 April 2020
Pengiriman Karya

24 April - 15 Mei 2020
Penjurian/ Tahap Seleksi

18 Mei 2020
Pengumuman

2 dan 4 Juni 2020
Kelas Mentoring

Syarat Peserta
  1. Peserta merupakan WNI
  2. Umum/tanpa batas usia
  3. Peserta boleh mengirim lebih dari 1 karya (maksimal 5)
  4. Mengikuti ketentuan sesuai dengan Panduan
Official website : https://ikutlomba.org 

Panduan Pendaftaran Lomba 

Tips Jitu Menulis Cerpen
Ingin mulai menulis cerita pendek, tetapi tidak tahu bagaimana cara praktis memulainya. Berikut ini adalah tips menulis cerpen yang mudah dipahami dan dipraktikkan penulis pemula. Yang pertama dilakukan adalah menemukan motivasi menulis. Mengapa ingin menulis cerpen? Untuk apa? Jawaban mungkin bisa sangat beragam. Tidak ada yang menilai buruk. Termasuk motivasi untuk mendapatkan penghasilan atau hadiah, bahkan mungkin bertujuan agar terkenal. 

Pasti akan bangga saat melihat cerpen sendiri dimuat majalah lokas, nasional bahkan internasional. Pasti langsung membuat pengumuman dan update di Facebook, Twitter, Instagram, dan Pinterest. "Alhamdulillah...cerpenku dimuat!!! Tetapi, tentu ada motivasi lainnya. Mungkin motivasinya adalah supaya ingin berbagi pengalaman hidup yang sangat inspiratif. Juga mungkin untuk mengkritik sesuatu yang tak cocok lagi diterapkan di zaman sekarang ini. 

Ada lagi tujuannya untuk mencurahkan isi hati agar tidak senyum-senyum sendiri seperti bahagia tanpa arti. Motivasi ini sangat penting supaya saat mengalami kesulitan dalam menulis, bisa mengingat kembali tujuan menulis cerpen.

Pilih Tema yang Sesuai
Tema yang sesuai bisa ditentukan dengan mempertimbangkan dan sudah melihat situasi dari beberapa hal. Penulis pemula hendaknya juga memilih tema yang mudah terlebih dahulu. Misalnya tema menulis cerpen yang sesuai dengan pengalaman hidup diri sendiri dan orang terdekat. Bisa juga tema yang diangkat dari sebuah budaya setempat atau budaya lokal yang sudah dipahami. Intinya adalah jangan memilih sebuah tema yang terlalu sulit bagi diri sendiri.


Menentukan jumlah, nama,sifat dan peran dari tokoh. Membuat alur atau jalan cerita yang Jelas. Memilih sudut pandang cerita. Memperindah cerpen dengan susatra, susastra yaitu "sebuah karya sastra yang isinya dan bentuknya sangat serius, berupa beberapa ungkapan pengalaman jiwa dari manusia yang ditimba atau diambil dari kehidupan, kemudian direka dan disusun dengan bahasa yang indah sebagai saranya sehingga akan mencapai syarat estetika yang tinggi". Dan yang terakhr adalah menentukan Judul yang sangat menggugah pembaca cerita pendek.
khairpedia.blogspot.com

Posting Komentar