Table of Content

17 Jenis Minuman Kopi : Sesamecoffee, Ottencoffee, Artisan Coffee


Jenis minuman kopi - coffee drink dari Sesame Coffee, Otten Coffee, Artisan Coffee terbuat dari jenis kopi pilihan :
  1. Latte
  2. Black eye
  3. Mochaccino
  4. Cappuccino
  5. Ristretto
  6. Macciato
  7. Espresso
  8. Con panna
  9. Long Black
  10. Affogato
  11. Guillermo
  12. Flat White
  13. Cortado
  14. Kopi Tubruk 
  15. Coffee Roaster
  16. Cold Brew
  17. Vietnam drip
Jenis minuman kopi hits dan vintage style yang terbuat dari jenis kopi pilihan sudah banyak digemari penikmat kopi. Baru saja muncul jenis minuman kopi terbaru yaitu Dalgona Coffe atau Kopi berbusa yang dikenalkan pada tahun 2020. Tapi, jika diteliti lebih dalam, penikmat kopi masa kini akan menjumpai berbagai jenis minuman kopi dari Brand Ternama di Indonesia. Berikut ini Khairpedia akan mereview 17 jenis minuman kopi dari Sesame coffe, Otten coffe dan Artisan Coffee.

1. Latte
Perpaduan unik jenis minuman kopi latte yang di mix antara espresso dan milk yang di proses secara steam atau dipanaskan dengan cara di-uap. Latte mengandung komposisi susu lebih banyak daripada kopi. Susu yang dipanaskan dengan uap menjadi bertekstur kental dan berubah menjadi buih, froth, atau foam. Susu yang sudah mengental atau nge-froth/ nge-foam yang kemudian dikreasikan oleh Barista menjadi jenis minuman kopi yang familiar dengan sebutan latte-art coffee.

2. Black eye
Jenis minuman kopi yang istimewa dan cocok untuk teman begadang, karena kopi hitam yang pekat disajikan menggunakan metode atau teknik manual brew. Tanpa tambahan gula dan cream, jenis kopi hitam kualitas terbaik untuk jenis minuman kopi Black eye mampu membuat anda terjaga sepanjang hari.

3. Mochaccino
Jenis minuman kopi Mocaccino terbuat dari kopi pekat espresso, cokelat dan susu steamed. Orang Eropa familiar dengan sebutan Moccacino. Jenis minuman kopi ini berasal dari daerah Yaman, Mocha. Jenis kopi yang berasal dari Mocha inilah yang terkenal dalam perdagangan kopi dunia. 

4. Cappuccino
Jenis minuman kopi Cappuccino hampir sama dengan latte. Perbedaanya terdapat pada komposisi susu lebih sedikit dan menampilkan buih susu yang lebih tebal atau lebih banyak. Perbandingan komposisi untuk membuat jenis kopi Cappuccino adalah 1/3 espresso, 1/3 susu steamed, dan 1/3 buih susu.

5. Ristretto
Jenis minuman kopi Ristretto adalah varian kopi berjenis espresso, tetapi Ristretto hanya disajikan dengan ukuran mini sekitar 10-20 ml. One shoot atau single shoot coffee juga varian jenis lain dari espresso. Jenis minuman kopi Ristretto terbuat dari kopi hitam pekat ddisajikan dalam ukuran mini.

6. Macciato
Jenis minuman kopi Macciato mirip cappuccino dan latte, macchiato terdiri dari espresso dan susu. Macchiato dalam bahasa Italia berarti bercak - tanda. Tanda atau bercak berarti buih susu yang dituangkan diatas espresso, atau sebaliknya, espresso yang dituangkan diatas susu. 

Dua (2) tipe jenis minuman kopi macchiato, yaitu latte macchiato (lebih banyak susu daripada espresso) dan caffe macchiato (susu lebih sedikit dan disajikan dalam secangkir kopi ukuran kecil). Latte macchiato disajikan dalam kondisi dingin sedangkan caffe macchiato disajikan dalam kondisi panas dengan porsi cangkir ukuran kecil.

7. Espresso
Jenis minuman kopi espresso terbuat dari ekstrak biji kopi pilihan, diolah dengan mesin otomatis dan khusus. Pengolahan ini menghasilkan saripati kopi dan ampas secara terpisah. Rasa espresso coffe sangat pahit dan berat namun cocok untuk penikmat kopi sejati.

8. Con panna
Jenis minuman kopi Con panna merupakan perpaduan dari espresso dan whippedcream. Bagi penikmat minuman kopi, biasanya merasa bosan dengan rasa pahit kental yang ditimbulkan oleh komposisi espresso. Kemudian dengan menambahkan whippedcream di atasnya, dapat menambah cita rasa minuman kopi yang istimewa.

9. Long Black
Jenis Minuman Kopi Long Black merupakan air panas yang ditambahkan dengan espresso. Keunikan atau ciri khas pada minuman kopi Long Black adalah adanya crema. Jadi jika ingin menikmati espresso dengan sedikit encer atau mengurangi rasa pahitnya kopi, maka pesanlah Long Black. 

Long Black biasa ditemukan di Australia dan Selandia Baru dengan aroma dan rasa yang lebih kuat. Sekitar 100 - 120 mililiter air digunakan tetapi pengukurannya dianggap fleksibel untuk selera individu. Biasanya air yang dimasukkan juga dipanaskan oleh mesin espresso. Mempertahankan kandungan crema saat diseduh dengan benar, meskipun dalam warna hitam yang panjang crema akan lebih terasa.

Crema adalah hal pertama dilihat sebelum minum espresso/ long black/ con panna. Teksturnya indah, emulsi, dan sering menampilkan warna-warna emas terang dan karamel kental. 

Ketika kopi bubuk bersentuhan dengan air panas, gelembung mikro karbon dioksida (CO2) dilepaskan. Ini terjadi apakah kopi sudah siap disajikan sebagai tuangkan atau sebagai espresso/ long black/ con panna. Air panas bertekanan dipaksa melalui kopi yang ditumbuk halus menghasilkan crema dan cairan.

Crema terdiri dari gelembung mikro gas CO2 yang tersuspensi dalam air. Gelembung menempel pada minyak alami dan lemak yang ada dalam kopi, kemudian naik ke atas minuman.

10. Affogato

Jenis minuman kopi affogato merupakan espresso yang disajikan dari satu atau dua sendok es krim. Es krim yang digunakan adalah es krim gelato, es krim gelato adalah es krim khas dari Italia. Dalam bahasa Italia, affogato artinya tenggelam. Jadi maksud dari nama minuman kopi affogato adalah tenggelamnya gelato dalam segelas minuam kopi espresso. 

11. Guillermo
Jenis minuman kopi guillermo adalah minuman kopi yang sangat unik. One or two shots espresso dituangkan di atas potongan jeruk nipis. Teknik seperti ini menambah cita rasa yang segar. Guillermo disajikan dengan es dipadukan dengan sedikit susu untuk menyeimbangkan cita rasa.

12. Flat White
Jenis minuman kopi Flat white itu terdiri dari espresso dan velvet microfoam. Saat diminum, yang dominan adalah rasa kuat dari espresso. Namun tetap terasa creamy dan lembut karena ada velvet microfoam susu. Jadi bisa dibilang, rasanya tidak seringan latte dan cappuccino.

13. Cortado
Jenis minuman kopi Cortado adalah minuman kopi yang terdiri dari espresso dicampur dengan beberapa mili susu hangat untuk mengurangi kadar keasaman. Susu yang dituangkan dalam cortado dikukus terlebih dahulu, tetapi tidak berbusa dan "bertekstur" seperti pada banyak minuman kopi Italia.

14. Kopi Tubruk
Kopi Tubruk adalah minuman kopi khas Indonesia yang dibuat dengan menuangkan air panas ke dalam gelas atau teko yang sudah diisi bubuk kopi. Bisa dengan ditambahkan gula, bisa juga tanpa gula. Sangat beraroma khas Nusantara.

15. Coffee Roaster
Jenis minuman kopi Roaster merupakan kopi yang berasal dari Roasting kopi atau proses pemanggangan biji yang masih mentah (green bean). Biji kopi dipanggang hingga tingkat kematangan tertentu. Biji yang dipanggang akan siap untuk dikonsumsi setelah melewati first crack, biasanya ditandai dengan aroma manis karena proses karamelisasi di dalam biji kopi.

16. Cold Brew
Jenis minuman kopi dengan teknik seduh cold brew adalah teknik “menyeduh” bubuk kopi hitam dengan air dingin (atau air suhu ruangan) selama kurang lebih 12-24 jam untuk mendapatkan rasa yang optimal.

17. Vietname drip
Jenis minuman Kopi vietnam drip adalah kopi yang diseduh dengan dripper vietnam dan disajikan bersama susu/krimer kental manis. Penyajian minuman ini lahir karena menyesuaikan karakter biji robusta dari hasil perkebunan di Vietnam. Di negara asalnya, minuman ini lebih banyak disajikan dingin. 


khairpedia.blogspot.com

Posting Komentar