Table of Content

5 Trik Tips Lolos Uji Turnitin


5 Trik tips lolos uji Turnitin dapat diterapkan dengan mudah jika konsisten dan fokus serta niat yang sungguh-sungguh, sehingga dapat melihat hasil Cek Uji Turnitin, hasilnya yaitu dapat dengan mudah lolos sesuai standar yang telah ditentukan, caranya antara lain :

  1. Hindari menyalin atau mengcopy kalimat secara utuh.
  2. Wajib menampilkan sumber bahan pustaka.
  3. Mengutip bahan pustaka dengan benar.
  4. Minimalkan pemakaian sumber bahan pustaka yang legal atau resmi.
  5. Gunakan metode dan teknik sinonim dan parafrase.
Kelima cara atau metode di atas adalah sebagian kecil dari sekian banyak cara supaya lolos uji turnitin. Tetapi yang berat dirasakan jika terjadi plagiarism atau plagiasi pada seluruh teks atau paragraf dalam satu lembar bahkan berlembar-lembar karya tulis, skripsi, tesis atau disertasi.

1. Hindari menyalin atau mengcopy kalimat secara utuh.
Maksudnya disini adalah penggunaan ctrl+c dan ctrl+v harus dikurangi atau diminimalkan, karena hal ini yang sangat berisiko. Algoritma Turnitin untuk pencocokan aplikasi memang sangat luar biasa akurat. Bahkan sudah over accurate (sangat akurat). Kalau menemukan kalimat, teks atau paragraf yang ingin dimasukkan ke dalam karya tulis, harus mempunyai gaya tulisan yang unik, misalnya kalimat aktif berubah menjadi kalimat pasif, atau sinonim dari kata dan kalimat asli.

2. Wajib menampilkan sumber bahan pustaka.
Ketentuan menulis bahan pustaka wajib dilakukan jika ingin menampilkan redaksi ke dalam karya tulis, karena setiap karya tulis yang berlatar belakang karya ilmiah pasti wajib berlandaskan sebuah teori dari beberapa pakar atau ahli. Nah, sumbernya wajib ditulis pada foot note atau lampiran daftar pustaka.

3. Mengutip bahan pustaka dengan benar.
Bahan pustaka harusnya ditulis dengan tata cara atau ketentuan yang sudah ditetapkan. Nama, Tahun, Judul, Kota dan Penerbit harus ditulis dengan benar. Untuk mengutip di dalam artikel juga harus sesuai dengan tata cara yang baku, jika salah menempatkan koma dan titik bisa jadi akan terdteksi juga oleh program Turnitin. Butuh ketelitian yang ekstra.

4. Minimalkan pemakaian sumber bahan pustaka yang legal atau resmi.
Sumber bahan pustaka yang legal atau resmi misalnya undang-undang, surat edaran, peraturan daerah, peraturan pemerintah dan ketetapan resmi dari lembaga atau instansi. Pasti redaksi atau artikel sama persis tanpa bisa diubah. Hal ini menyebabkan tingkat plagiasi dapat terdeteksi oleh Turnitin.

5. Gunakan metode dan teknik sinonim dan parafrase.
Metode dan teknik sinonim sampai parafrase dibutuhkan dalam menulis. Meode dan teknik ini sangat dibutuhkan untuk menghasilkan karya yang original dan dijamin keasliannya. Namun perlu keterampilan dan ketekunan untuk menulis dengan artikel atau konten yang berkualitas dan teruji keasliannya serta mampu Lolos Uji Turnitin.


Program Turnitin sangat diandalkan oleh dosen maupun mahasiswa. Fungsi dari Turnitin dapat memeriksa keaslian karya tulis dan bisa mengetahui dari mana sumber bahan pustaka dari sebuah artikel diambil. Lebih uniknya lagi akan menampilkan sumber alamat websitenya, jika artikel atau teks diambil dari website atau jurnal publikasi.


Jika sedang menyusun tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi, dan apabila terlalu banyak mengutip dan mengambil artikel dari internet maka akan terdeteksi oleh program Turnitin. Tidak disarankan untuk mengambil artikel dengan cara ilegal atau terlarang dalam kaidah akademik.

Sudah banyak universitas atau perguruan tinggi yang sudah menggunakan turnitin. Fungsi turnitin yaitu mengkoreksi sebuah karya tulis ilmiah dan diharapkan universitas atau perguruan tinggi yang belum menggunakan turnitin dapat segera menerapkan penggunaan turnitin. Program turnitin dapat dikunjungi di website turnitin.com dan instansi atau lembaga yang menggunakan wajib untuk mendaftar atau registrasi terlebih dahulu.

Melakukan pendaftaran Turnitin sebenarnya cukup mudah yaitu dengan mengsubmit beberapa kategori dalam pendaftaran program turnitin yaitu student (siswa/ mahasiswa), instructor (guru/ dosen) dan teaching assistant (tutor/ asisten) kemudian membuat halaman login dan mengisi formulir sesuai kategori yang sudah dipilih.


Meskipun banyak website dan blog yang melakukan proteksi artikel atau konten-nya dengan cara yang khusus, tetapi ada banyak jalan untuk melakukan copy paste secara terang-terangan. Media internet dapat dengan mudah digunakan, bahan atau artikel dapat dengan mudah dicari. Meskipun proteksi DMCA sudah sangat maksimal, sehingga meminimalisir terjadinya plagiatisasi atau copypaste sehingga Penulis asli tidak dapat dirugikan.


Berbagai Univeritas dan Perguruan tinggi sudah menerapkan cek turnitin untuk melihat tingkat plagiarisme atau plagiat yang berkaitan dengan jurnal, tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi. Diperlukan petugas khusus dan program yang canggih untuk mengoreksi serta mengawasi semua hasil karya tulis dan karya ilmiah.


khairpedia.blogspot.com

2 komentar

  1. Kalau di kampus saya, sebelum daftar wisuda skripsi/tesis/disertasi harus dicek dengan Turnitin dulu, ada skor tertentunya agar bisa diizinkan untuk wisuda. Memang sekarang di dunia akademis banyak juga praktek plagiasi, makanya ini diperketat
  2. Betul sekali Mas Fadli, ada yang uji Turnitin sebelum wisuda, ada juga sebelum pengajuan Proposal bab 1-3 harus di uji turnitin dulu. Plagiasi harus diberantas. :)